Monday, May 16, 2016

Grooming Your Cat Part 2 : Mandi Kucing


Hallo

Apa kabar para pecinta kucing?

Masih dengan model yaitu kucingku, Misty. Yang sudah selesai aku grooming sebelumnya. Bagi yang belum melihat langkah - langkahnya kalian bisa baca di Grooming Your Cat Part 1. 

Di grooming your cat part 1 itu, aku membahas langkah - langkah yang dilakukan sebelum memandikan kucing kesayaganmu.

Aku tidak akan membahas langkah - langkah itu kembali tetapi aku akan melanjutkan langkah yang selanjutnya.

Setelah melakukan grooming seperti yang sebelumnya. Kamu boleh berhenti untuk sampai dilangkah itu atau melanjutkan memandikan dan mengeringkan kucing kamu

Memandikan kucing kamu termasuk dalam perawatan kucing yang paling penting. Bagiku, aku sama sekali tidak menyukaiku kucing - kucingku dengan bulu yang lepek, tidak bercahaya, berminyak dan bau....#eeuuyyy. 

Dengan memandikan kucing, kamu bisa mengetahui kondisi yang terjadi pada kucing kamu yang mungkin tidak kamu ketahui atau tidak terlalu perhatikan. Selain itu, kamu juga bisa membentuk ikatan dengan kucing kamu. Walau tidak semua kucing yang menyukai bagian ini, termasuk kucing - kucing saya...#sedih rasanya TT. 

Misty Belum Mandi
Aku pernah memandikan kucing - kucing ke pet shop yang ada dikotaku. Awalnya aku merasa tidak perlu repot - repot untuk memandikan kucing - kucingku sendiri disebabkan dengan pemikiranku merasa lebih praktis. Kucing akan diambil setelah mereka selesai dimandikan dan mereka pulang dalam keadaan yang wangi serta bersih.  Itu hanya beberapa bulan saja aku lakukan karena pelan - pelan aku berpikir selain hal - hal yang menggodaku itu yaitu duit keluar hanya untuk memandikan kucing - kucingku itu karena total kucing - kucingku itu ada 5 ekor. Dan aku juga memikirkan bagaimana perlakuan pegawai pet shop itu pada kucing - kucing kesayanganku.

Puncaknya aku mendapati kucing - kucingku itu terkena jamur setelah pulang dari pet shop. Aku tidak tahu bagaimana mereka mengeringkan kucing - kucingku. Apakah mereka tidak mencuci handuk dengar bersih? Atau mereka mengeringkan kucing - kucingku dengan handuk yang dipakai oleh kucing yang sebelumnya terkena jamur. Alhasil aku harus memanggil dokter dan mencari salep untuk menghilangkan jamur - jamur itu....#keluar uang lebih banyak TT.

Akhirnya aku memutuskan untuk memandikan kucing - kucingku sendiri. Mulai mempelajari bagaimana memandikan kucing yang baik dan benar. 

Kita mulai saja tutorial nya:
Peralatan Mandi Misty
Handuk dan Sabun
1. Pertama - tama pastikan dulu kondisi kucing kamu sehat atau sakit. Jika kucing kamu sakit lebih baik kamu jangan memandikan kucing kamu karena dikhawatirkan kucing kamu akan menjadi lebih sakit karena kucing tidak bisa mengeluarkan keringat. 
2. Periksa keseluruhan tubuh kucing kamu untuk mengetahui kondisinya berjamur atau tidak. Setelah itu, kamu bisa menentukan sabun apa yang cocok dengan kondisi tubuh kucing kamu.
3. Siapkan air hangat yang tidak terlalu panas kamu bisa mengukurnya dengan suhu tubuh kamu sendiri. 
Kenapa harus air hangat? Untuk mencegah kucing berontak, kaget dan sedikit lebih tenang. 
4. Setelah air hangat dan memeriksa kucing kamu. Siapkan kucing kamu untuk dimandikan. Bagi pemula kamu bisa menutup kuping kucing kamu dengan kapas untuk mencegah air masuk kedalam telinga...#membahayakan bagi kucing kamu jika itu terjadi.
5. Hampir semua kucing akan berontak saat disiram dengan air. Mulailah dengan pelan - pelan untuk menyirami kucing kamu dengan air hangat yang telah dipersiapkan. Ajaklah kucing kamu bicara agar kucing kamu paham bahwa kamu melakukan ini untuk kebaikannya...#aku sering melakukannya pada semua kucing - kucingku (^^)v.
6. Setelah semua bulu kucing kamu terkena air. Kamu bisa mulai menyabuninya dan gosok lembut hingga menyentuh semua bagian tubuh kucing kamu termasuk kulit tubuhnya....#masih tetap ajak kucing bicara. Hindari daerah mata, hidung dan telinga.
Untuk Misty, aku memutuskan untuk memakai sabun untuk jamur. Ada beberapa jamur yang berkembang tanpa dosa di tubuh Misty....#aaargggh. Aku biasa menyabuni kucingku dua kali. Pertama untuk menghilangkan minyak yang muncul dibulu - bulunya dengan menggosoknya lembut dan yang kedua untuk menghilangkan jamur. 
Misty menunggu selama 10 menit
Antara tega dan gak tega ya...
Banyak pilihan sabun khusus untuk kucing - kucing kamu. Tapi aku mohon jangan menggunakan sabun khusus manusia atau shampoo jika tidak terpaksa.
7. Ikuti petunjuk yang ada di sabun khusus kucing kamu.
Seperti Misty, aku harus menunggu 10 menit sebelum menyiramnya. Antara tega gak tega ya melihat Misty. Karena itu aku menggunakan air hangat untuk membuat tubuhnya tetap hangat dan tidak kedingingan.
8. Setelah itu, kamu bisa menyiramnya hingga bersih hingga tidak ada residu busa yang tertinggal dibulu kucing kamu.
Harus sampai bersih karena jika tidak bersih akan menyebabkan kulit kucing kamu akan berkerak.
9. Lalu kamu keringkan kucing kamu dengan handuk bersih hingga kering.

Selesai deh memandikan kucing kesayangan kamu...^^

Misty dari awal hingga air mengeong protes....huhuhu

Oh iya memandikan kucing kamu bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. Tergantung dari tingkat kotornya kucing kamu. Jika kucing kamu membutuhkan perawatan seperti menghilangkan jamur atau kutu bisa dimandikan seminggu sekali dan untuk pencegahannya bisa dilakukan sebulan sekali.
Jika kucing kamu tidak ada masalah, terserah kamu untuk memandikannya seminggu sekali atau sebulan sekali.

Gimana menurut kamu? Mulai mempertimbangkan untuk mencoba memandikan kucing kesayangan kamu sendiri...

Kucing yang sudah dimandikan tentu harus bulu - bulunya dikeringkan agar tidak menjadi tempat berkembangnya jamur. Silahkan dibaca di Grooming Your Cat Part 3.

Selamat mandi

See You ^^


No comments:

Post a Comment