Tuesday, May 17, 2016

Grooming Your Cat 3 : Mengeringkan Bulu Kucing


Hallo

Apa kabar para pecinta kucing?
Beberapa hari yang lalu, aku membahas bagaimana mempersiapkan kucing kamu sebelum mandi atau hanya sekedar memotong kuku dan membersihkan telinga. Kamu bisa membacanya di Grooming Your Cat  Part 1 dan bagaimana cara kamu memandikan kucing kamu di Grooming Your Cat Part 2.

Setelah kucing kamu selesai mandi tentu kamu tidak menginginkan kucing kamu menggigil kedinginan atau mengotori lantai yang baru selesai dipel...#curcol lagi.

Mengeringkan kucing kamu bisa dilakukan dibiarkan sendiri dia mengeringkannya, dengan konsekuensi akan lama banget...#belum pernah aku lakukan sih. Yang lainnya kamu bisa menjemurnya dibawah pohon yang tidak terkena matahari langsung...#khawatir Misty diculik atau digoda sama jantan lain^^. Dan yang terakhir kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan alat agar lebih cepat dan benar - benar kering...#aku menjatuhkan pilihan yang ini.

Mengeringkan kucing ini kamu harus sabar. Bisa melatih kesabaran kamu :D. Dan terkadang kucing kamu akan tidak sabar karena ingin melarikan diri dan memilih untuk mengeringkan bulu - bulunya sendiri....#ada adegan kejar - kejaran nih TT.

Kita Mulai aja Tutorialnya 

Parfum, Blower, Sisir, Sabun, Handuk Bersih
01. Untuk mengeringkan bulu - bulunya yang basah itu. Kamu bisa menggunakan pengering rambut atau blower. 
02. Lalu handuk yang kering atau bagian yang kering dari handuk yang kamu pakai untuk membalut kucing kamu yang basah.
04. Sisir
05. Kandang (optional) atau kamu bisa minta bantuan orang lain
06. Parfum khusus kucing

Semua peralatan sudah kamu siapkan dan kamu bisa mengeringkan kucing kesayangan kamu seperti langkah - langkah yang ada dibawah ini :

01. Aku menyebutkan kandang tadi persiapkannya itu kan? Itu hanya pilihan saja untuk memudahkan kamu mengeringkan kucing kamu dan dia tidak bisa kabur - kaburan.
Dulu aku tidak memakai kandang untuk mengeringkannya dan itu sungguh melelahkan buatku...huhuhu. Akhirnya aku mempunyai ide untuk mengeringkannya menggunakan kandang.

02. Keringkan kucing kamu didalam kandang atau dengan bantuan orang lain. Gosok - gosok lembut kucing kamu seperti kamu menggosok rambut kamu sendiri sampai yang lembab - lembab itu airnya terserap. Semakin kering bulu - bulu kucing kamu, akan semakin cepat kering saat di keringkan dengan alat.

03. Setelah kamu keringkan, kucing kamu dengan handuk. Pelan - pelan kamu hidupkan pengering rambut atau blower yang kamu punya. Sebagian kucing akan merasa sangat takut dengan bunyi yang berisik dan kuat.

Tips : jangan mengarahkan moncong pengering rambut atau blower kamu dalam jarak dekat. Jauhkanlah agar kucing kamu tidak kaget dan mengenalkan angin yang kuat yang menerpa tubuhnya.

04. Sembari kamu mengeringkan, kamu gunakan sisir bergigi jarang untuk memisahkan bulu - bulu kucing kamu. Sisir kearah yang berawalan dari arah natural bulu kucing kamu. 
Pelan - pelan ya jangan sampai bulu kucing kamu tertarik karena bulu yang lembab atau basah sangat rapuh.
Gak ingin kucing kamu mengalami kebotakan, kan? (^^)

05. Dalam keadaan yang setengah kering, kamu bisa menggunakan sisir seperti yang bergagang merah itu. Gunanya untuk memblow bulu kucing kamu semakin mengembang terutama dibagian ekor.
Tips : untuk bulu yang ada di ekor, kamu sisir kearah yang berlawan dari arah tumbuh bulu ekornya.
Pastikan semua bulu - bulu kucing kamu itu mengering. Jangan ada bagian terlewati. Bulu yang lembab akan menyebabkan kucing kamu akan terkena jamur...#hhhhiiii.

06. Bukan hanya pemiliknya saja yang membutuhkan parfum. Kucing pun membutuhkannya juga.
Ini pilihan saja. Aku juga jarang menggunakannya. Jika sabunnya sudah wangi aku terkadang menggunakannya terkadang juga enggak. 
Tips : Aku menyemprotkan lebih dahulu ke telapak tanganku beberapa kali. Setelah itu aku menggosokkan cairan parfum itu dengan kedua telapak tanganku baru aku gosokan ke bulu - bulu Misty. 
Dan aku mengeringkan kembali bulu Misty karena bulu - bulunya terasa agak lengket setelah digosokan parfum.

07. Sisir kucing kamu kembali setelah benar - benar kering. Untuk membuat bulu - bulunya bersinar.

Misty selesai dikeringkang ^^
Vooilllaaa... kucing kamu yang sebelumnya bau dan kotor berubah menjadi wangi dan bersih....Hoorrrraaayyy (- ^)v

Bagaimana kamu tertarik untuk melakukan grooming sendiri kucing kesayangan kamu?

Selesai untuk langkah - langkah mengeringkan kucing kamu setelah dimandikan.

Langkah - langkah diatas adalah langkah - langkah yang dilakukan untuk mengeringkan kucing - kucing yang biasa aku lakukan. 

Selamat mencoba

See you ^^






No comments:

Post a Comment