Thursday, May 12, 2016

Cara Mengurangi Kucing Galak

Udah terasa lama banget blog saya ini gak aktif lagi karena kesibukan sehingga membuat blog ini 
benar - benar terlupakan...huff

Pernah mendapatkankan perlakuan yang tidak menyenangkan dari kucing kesayangan kalian... yang pernah ayo tunjuk tangan. Yang dirasakan oleh pemiliknya tentu sakit hati, marah dan jengkel (saya pernah mengalami itu).
Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai salah satu kucing saya yang dulunya sangat ramah sekarang menjadi galak atau agresi (membuat aq merasa bersalah)... eits tunggu dulu ini bukan karena saya siksa atau apa pun yang kalian pikirkan.

Pada suatu hari.....
Orang tua saya memutuskan untuk membuat kandang dibelakang rumah dikarenakan bulu kucing yang bertebangan disebabkan oleh bulu mereka yang rontok dan menggaruk - garuk sofa kesayangan mama...hohoho. Dengan penuh semangat papa membuatkan empat kandang kucing dengan penuh perhitungang (malah papa yang semangat... seingat aku hanya tiga hari deh dibuatnya...^^). 
Setelah jadi ortu langsung meminta saya untuk memasukkan kucing - kucing saya ini ke kandang lengkap dengan segala fasilitasnya seperti litter box, tempat makan serta minum mereka. Awalnya mereka bingung 'kok aku ditaruh disini bukannya didalam rumah' tetapi untuk menjaga perasaan mereka agar tidak merasa terkhianati. Secara teratur aku memasukkan mereka didalam rumah dan mereka akhirnya mengerti...^^
Lalu permasalahan pun terjadi...
Karena kesibukan, saya akhirnya jarang memasukkan mereka kedalam rumah. Bisa dihitung dengan jari, mama saya meminta, "Mueeza yang dikeluarkan sesekali." Itu membuat saya baru tersadar bahwa Mueeza sangat jarang saya keluarkan karena setiap saya keluarkan disebabkan oleh salah satu kucing jantan yang dikeluarkan dan dia mendadak emosi seperti merasa dijodohkan...(sumpah...enggak sama sekali bermaksud...hiks). Setiap saya sentuh kalo gak mencakar, mengigit kalo gak dia sembunyi dibawah meja (begitu - begitu Mueeza salah satu kucing terimut yang saya punya...^^). Karena saya merasa sering disakiti olehnya saya masukkan kembali ke dalam kandang dan marah - marah pada Mueeza.
Dan masa sekarang....
Saya menonton salah satu channel kesukaan saya My Cat From Hell di Animal Planet. Dengan host yang menurut saya unik, Jackson Galaxy. Yang menerangkan bahwa kucing bisa menjadi sangat agresi jika dia merasa sangat tidak nyaman atau terancam. Dan itu membuat saya berteriak, "berarti Mueeza merasa tidak nyaman didalam rumah karena kelamaan dikandang!!!!".
Besok saya mengeluarkan semua kucing - kucing saya yang ada didalam kandang (tidak semuanya galak, hanya Mueeza saja yang bersikap agresi). Seperti yang dikatakan oleh Jackson, Mueeza memang merasa tidak nyaman dengan kucing - kucing lain mau pun saya tetapi Yipppii setelah mempraktekan apa yang dikatakan oleh Jakson, Mueeza sekarang sudah kembali seperti yang dulu.... Tq Jackson Galaksi,,,, I love You...^^.

Jadi beginilah tips dan triks yang saya lakukan untuk membuat kucing saya kembali menjadi ramah atau percaya diri :
  1. Keluarkan kucing dari dalam kandang
  2. Biarkan dia terlebih dahulu untuk mengenal rumah dan aromanya
  3. Perkenalkan bau kucing yang ada karena kucing bisa mencium aroma kucing lain
  4. Ajak kucing bermain dengan kucing yang lainnya agar dia merasa bahwa kucing yang lain tidak mengancamnya
  5. Jangan biarkan kucing terlalu lama untuk berada diruangan yang tertutup atau kecil karena lama - lama kucing akan berpikir bahwa dunianya hanya sebesar ruangan itu
Bagi yang mempunyai kucing yang galak atau agresi mungkin tips dan trik dari saya bisa dipraktekkan...Selamat mencoba ya...^^

No comments:

Post a Comment