Sunday, February 10, 2013

Perawatan Kucing

Hai...hai...hai...hai...

Bagian ini yang sangat aku sukai ya karena kegiatan yang sangat menyenangkan dan aku sungguh menikmatinya. Mungkin jika orang yang sama sekali tidak mengerti tentang kesayangan ini hanya akan menganggap kita buang - buang waktu. Salah besar ini adalah hal yang sama sekali tidak membuang - buang waktu menurutku. Kenapa? Aku bisa mengisi hari - hariku yang datar hanya kerja dan pulang ke rumah begitu setiap harinya. Tapi dengan saat - saat aku merawat kucingku...uuhhh waktu sungguh cepat berlalu dan menjadi sangat...sangat tidak membosankan.

Kalian boleh percaya dan boleh juga tidak dengan pemikiranku ini tapi inilah yang sesungguhnya aku rasakan. Huaahh...karena aku kerjanya dari hari senin sampai sabtu..bisa dibilang selama aku dikantor selalu kepikiran dengan Yero..Yero sedang ngapain yah dirumah atau setelah pulang aku selalu menanyakan kabar Yero ngapain aja seharian dirumah. Atau disela - sela kerjaan yang menjemukan aku berbagi cerita dengan teman - temanku tentang tingkah polah Yero...qiqiqiqiq.

Sedikit oot yah dari maksudku...maaf deh terlalu bersemangat masalahnya berbagi pengalaman...

Okey..kita mulai deh ya...

1. Harus dipastikan makanan dan minumannya harus selalu tersedia.

Untuk minumannya JANGAN SEKALI - KALI MEMBERIKAN AIR MENTAH walaupun itu hal yang biasa dilakukan oleh kucing liar tapi ini masalahnya beda. Kucing liar itu pencernaannya lebih kuat dari pada kucing rumahan. Bayangkan kucing liar sudah memakan berbagai jenis makanan mulai tikus, sampah dan makanan manusia sementara kucing rumahan sudah terbiasa dengan makanan yang bersih dan air yang bersih. Jadi kamu tidak ingin dong kucing kamu sakit.
Sedangkan makanannya kamu bisa melakukan free feeding maksudnya disini kamu meletakan makanan secukupnya didalam pet bowls jadi dia bisa menemukan makanannya kapanpun dia terasa lapar. Oh ya metode free feeding ini hanya berlaku dalam bentuk kibles ya paling hanya melempem aja dikit. Untuk raw food dan wet food jangan dibiarkan terlalu lama dibiarkan diluar karena akan menjadi media bakteri berkumpul disana. Aku tidak pernah membiarkan berlama - lama wet food Yero paling lama hanya 30 menit itu pun sudah terlalu lama menurutku...:)

PET BOWLS nya juga harus dalam keadaan bersih kamu bisa mencucinya setiap hari tentunya dengan sabun. Aku memberikan sedikit tips untuk kamu, kalau kamu memberikan metode free feeding untuk kucing kamu coba perhatikan beberapa menit aja terletak biasanya akan diserang oleh semut - semut nakal dan hal itu akan membuat kucing kamu malas untuk makan itu lagi. Kalau aku biasanya memberikan wadah satu lagi yang besar dari pet bowlsnya sendiri lalu diberi air sedikit untuk menghalangi gempuran semut - semut. Cukup efektif menurutku.

2. Litter Box

Ini menjadi hal yang sangat penting dalam perawatan kucing. Litter box itu kan tempat pip n pup kucing kesayanganku. Jadi istilahnya toiltenya kucing...hehehehe. Disana juga tempat berkumpulnya bakteri yang aku gak tahu apaan itu dan aku juga tidak ingin membayangkannya...euy. Setiap kucing kesayangan kamu pip n pup harus kamu angkat simpan didalam plastik lalu dibuang ke tong sampah ya. Jangan kamu buang kehalaman tetangga atau halaman kamu sendiri dalam keadaan terbuka. Kalau kucing kamu terinfeksi virus tokso, pup kucing menjadi salah satu media penyebaran virus ini. Oh iya...jangan kamu biarkan pup n pip kucing kamu lebih dari 24 jam setelah kucing kamu pup n pip.

Cat liiternya kamu ganti sebulan sekali dengan cat litter yang bersih. Aku bukannya tidak mendukung mencuci cat litter yang kamu punya tapi aku sedikit kurang setuju dengan hal itu selain repot pastinya aku juga belum tahu apakah bakteri bekas cat litter yang lama itu benar - benar hilang. Itu kembali ke pilihan kamu lagi.

Pembersihan litter box ini yang biasa aku lakukan adalah sekali seminggu aku mencucinya yang sebelumnya aku rendam dengan bayclin...tahu bayclin kan ya...itu lho yang buat pemutih pakaian lalu sore harinya aku mencucinya menggunakan sabun dan menjemurnya. Kalau aku gak menjemur sih yah lebih tepatnya karena aku suka mengelap kering menggunakan kanebo. Buat lap mobil itu lho yang daya serapnya oke banget

Cara membersihkan litter box itu gampang banget kalo ingin dibawa gampang sih...:)
Yang biasa aku lakukan untuk membersihkan litter boxnya yang pasti nih yah setiap Yero pip atau pup aku ambil n aku masukan ke dalam plastik. Setelah itu kamu harus persiapkan item - item yang  perlu :
1. Tisu 
2. Spray...yang biasa digunakan untuk nyiram tanaman
3. Bayclin
4. Air secukupnya.

Caranya :
Bayclin kamu masukan secukupnya ke dalam spray lalu dicampur dengan air. Kamu kocok - kocok sebentar dan udah jadi deh air disinfektannya...^^. Kamu spray aja sedikit ke litter boxnya dengan catatan pasirnya udah kamu geser ke sisi yang satunya lalu kamu ambil tisu secukupnya. Kamu lapin deh air disfektan yang ada di litter box kamu. Begitu juga disisi yang sebaliknya. 
Ini biasa aku lakukan sehari - hari dan seminggu kemudian aku ganti dengan yang litter box yang udah bersih.

Caranya hampir sama kok hanya beda sedikit aja. Cat litternya kamu masukan ke litter box yang satu lagi (yang bersih) sedangkan yang udah kepake seminggu ini kamu cuci. Dengan bayclin kamu rendam sebentar lalu kamu cuci pake sabun dan bilas ampe bersih kemudian dijemur deh ampe kering. 

Mudahkan....:))

Cat Litternya kamu bisa ganti sebulan sekali atau seminggu sekali. Aah..terkadang cat litternya aku jemur pas 12 siang teng - teng supaya kuman - kuman yang ada di cat litternya pada mati. Dilakukannya pas hari terik ya jangan pas mendung yang ada makin subur deh kuman - kumannya.

3. Kandang

Ini juga harus kamu perhatikan kalau kamu memiliki kandang khusus untuk kucing kamu. Aku sendiri juga mempunyai kandang yang sedang untuk Yero. Aku menggunakan kandang itu saat aku ingin menjemurnya atau memberikan hukuman karena Yero nakal.

Kandang ini harus bersih juga karena kita tidak tahu apa aja yang menempel disana. Bisa jadi telur kutu kalau kucing kamu terinfeksi kutu atau bakteri - bakteri...hiiii.

Sekitar tempat perlengkapan kucing kamu harus bersih juga ya. Kucing itu menurut aku adalah makhluk yang suka dengan kebersihan. Yero ampe beberapa kali dia mandi jilatin bulunya ampe aku bingung kadang - kadang apa aja yang sering buat dia jilat - jilat. Tapi seneng sih liatnya Yero tetep bersih....hooorrraayyy.

Untuk perawatan kucing kamu...

1. Bisa kamu mulai dengan menjemur tiap pagi kucing kamu sekitar 5 - 10 menit aja jangan lama - lama ya karena kucing itu tidak menghasilkan kelenjar keringat jadi dia tidak bisa mengeluarkan panas ditubuhnya. Sekitar jam 6.30 - 7.30 pagi. Gunanya untuk menyegarkan bulu - bulu kucing kamu, menyingkirkan jamur yang suka muncul tanpa diundang, dan yang paling penting kesehatan kucing kamu juga. Untuk kamu juga bisa karena mendapatkan sinar matahari pagi itung - itung nemenin kucing kamu juga.

2. Check up rutin kesehatan kucing kamu. Bisa kamu perhatiin manual yang bisa kamu tangkap dengan mata kamu. Misalnya gini kalo kucing kamu yang sangat aktif, ceria dan periang tiba - tiba menjadi murung n tidak bergairah bisa jadi kucing kamu sakit. Kamu dianjurkan untuk membawa kucing kamu ke vet secepatnya. 

3. Vaksinasi

Ini penting banget lho untuk kucing kamu. Kamu gak inginkan kucing kesayangan kamu tiba - tiba sakit dan mungkin penyakitnya itu yang belum ada obatnya ampe sekarang. Saat pertama kali adopsi kucing kamu yang pertama harus kamu lakukan adalah bawa ke vet untuk mengetahui kondisi kucing kamu. 

Syukur - syukur kucing kamu sudah mendapatkan vaksinasi pertama dari breedernya. Jadi kamu tinggal nerusin deh suntikan kedua dan ketiganya. Vaksinasi ini berguna untuk mencegah penyakit - penyakit yang bisa membahayakan kucing kamu dan untuk kesehatan kita juga.

Vaksinasi yang aku lakukan adalah 3 bulan usia Yero karena breedernya mengatakan kalau Yero belum pernah disuntik vaksin. Hal pertama yang aku lakukan adalah bawa ke pet shop untuk di mandikan dan digrooming karena sedikit susah untuk bertemu dengan Vetnya hari aku adopsi aku mundurin beberapa hari. 

Sejak aku melakukan vaksin, Yero terkadang suka bersin - bersin tapi tidak menyebabkan flu. Kalo pun dia deman masih tetep aktif. Alhamdulillah ampe sekarang, Yero belum terkena penyakit yang berbahaya. 

3. Mandi

Jangan dikira walaupun mereka suka mandi sendiri dan jangan dipikir kalo kucing itu tidak butuh mandi layaknya manusia. Mereka mandi juga lho walau ala kadarnya karena mereka hanya menjilat - jilat bagian luar bulu mereka.

This is the part i love...malah gak sabar untuk nunggu minggu berikut untuk memandikan Yero. Waktu itu aku belum berani untuk memandikan Yero dan aku bawa ke pet shop 2xseminggu. Pulang - pulang harum banget dan bulunya lembut serta kukunya juga udah dipotong. Tapi sekarang ini aku lebih prefer untuk memandikan Yero dirumah. Untuk mendekatkan diri ke Yero. 
Nanti aku bahas bagaimana memandikan kucing....^^

4. 1 x 3bulan aku memberikan Yero obat cacing. 

Ini membunuh cacing - cacing yang sangat tidak sopan mengambil makanan didalam usus Yero...^^. Kamu gak mau kan kalo kucing kamu banyak makan tapi makanannya itu tidak menjadi daging untuk kucing kamu melainkan cacing yang semakin gemuk sedangkan kucing kamu kurus hanya perutnya saja yang buncit. Perut buncit itu tidak berarti bagus lho patut kamu waspadai banyak makan tapi badan kucing kamu ringan tidak sesuai berat badan dengan umurnya.

Itu perawatan umum yang biasa aku lakukan biasa aku lakukan. Gak ribet, gak susah juga. Jadi ribet dan susah kalo kamu pikir melakukan semua yang aku tulis diatas itu ribet dan susah. Coba kamu pikirkan hal yang sebaliknya, kamu pasti tidak sabar untuk melakukan hal itu lagi dan lagi. Seperti yang aku rasakan. Aku sangat memperhatikan kondisi Yero memperhatikan apa yang harus dia makan dan apa yang tidak boleh dimakan. 

Kata bonyok sih kamu kelewatan banget kalo soal Yero. Semuanya gak boleh. Lah gini, kucing gak bisa ngomong kalo dia sedang sakit mereka hanya bisa miaw atau diam. Aku gak ngerti dia ngomong apa daripada dia beneran sakit mending aku yang ekstra ketat apa yang harus dia makan.

Dibawa have fun semuanya akan jadi menyenangkan...^^

Selamat mencoba...cat lovers



No comments:

Post a Comment