Friday, February 8, 2013

Apa yang harus dilakukan saat ingin adopsi kucing?

Sesuai dengan yang aku janjikan kemarin, aku akan membahas apa aja yang harus dilakukan saat kita ingin memelihara seekor kucing. Mau itu kucing kampung atau kucing ras. Namanya tetep aja kucing kan....:)). Jadi kita gak buta - buta amat dalam merawat dan memelihara kucing. Saat ini aku pun masih dalam tahap belajar dalam merawat dan memelira Yero#nama kucingku^^ karena setiap hari kita akan mendapatkan hal yang berbeda - beda dari tingkah kucing kita.

Aku berharap dapat membantu kalian yang ingin memelihara seekor kucing.....o ya aku membuat ini berdasarkan pengalamanku dalam hal pertama kali aku memelihara Yero....okey kita mulai aja sekarang....

1. YANG PALING PENTING ADALAH KITA SENDIRI MENYUKAI KUCING ATAU GAK...
     Kenapa hal ini penting buat aku atau kalian? Karena jika kita memang menyukai kucing dari dalam hati kita bukan hanya karena ikut - ikutan teman yang memelihara kucing atau menjadi sebuah trend dalam memelihara seekor kucing misalnya kucing ras, kita akan sungguh - sungguh merawat kucing kita itu dan bisa dibilang sedikit tidak peduli dengan resiko yang akan dihadapi dalam memelihara kucing. Kalau aku sendiri, bisa dibilang apa - apa aku memikirkan Yero apa yang terbaik selalu aku dahulukan untuk Yero...#ini beneran lho....::) sampai - sampai kena marah ama bonyok tapi aku tetep cinta dengan Yero....eeaaa.....

2. SETELAH DIRI KITA TENTU ORANG - ORANG TERDEKAT KITA PALING PENTING KELUARGA....
Ini juga sama pentingnya dengan diri kita juga kalau keluarga kita memang penyuka binatang terutama kucing ya sudahlah tidak perlu memikirkan apa - apa lagi. Tapi yang sedikit sulit adalah jika keluarga kita sama sekali tidak ada yang menyukai kucing jadi perlu usaha keras untuk membujuk keluarga terutama bonyok meyakinkan bahwa memelihra kucing itu sungguh menyenangkan dan kamu juga bisa memberikan sebuah perjanjian dengan keluarga kalian. 
Aku berikan lagi nih pengalaman aku, seperti yang aku ceritakan sedikit di pengalaman aku memelihara Yero... aku membeli tanpa persetujuan bonyok tapi alhamdulillah keluargaku memang penyayang binatang, bokap waktu kecil dulu pernah memelihara kucing, nyokap bisa dibilang memang menyukai kucing, abang dan adik sangat penyuka hewan peliharaan salah satunya kucing. Aku pernah bilang ke bokap mau pelihara kucing dan bokap bilang boleh aja tapi jangan ngerepotin papa. Aku jawab okey gak akan bikin repot. Tapi kenyataannya aku sangat suka merepotkan papaku....qiqiqiqiqi. Selain itu aku juga lebih sering mengepel rumah untuk membuat nyaman keluargaku, aku dan Yero. Malah bisa dibilang, kalau kami lebih sering membahas Yero untuk membangkitkan suasana dan keakraban keluarga.

3. CARI INFORMASI YANG TERBAIK BISA KAMU DAPATKAN DALAM MEMELIHARA KUCING

Kamu bisa bertanya pada temen", saudara, tetangga untuk lebih tahu bagaimana memelihara dan merawat kucing yang baik. Selain itu kamu juga bisa ikut bergabung dengan forum pecinta binatang yang tinggal kamu googling, mencari panduan di website yang banyak banget kamu bisa dapatkan, media you tube...
Ini sangat membantu untuk kamu yang benar - benar buta dalam memelihara kucing sedikit banyak kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk pertama kalinya.

4. BUDGET YANG CUKUP UNTUK MEMBELI PERLENGKAPAN KUCING.

Setelah kamu mendapatkan dukungan keluarga, ilmu yang cukup kamu juga tidak boleh melupakan budget yang harus kamu persiapkan dalam membeli peratalan yang pertama kali harus kamu siapkan. Jangan sampai kamu sudah membeli kucing tapi peralatan yang terpenting kamu lupakan..
Setelah kamu perhitungkan apa aja yang harus kamu beli kamu bisa mulai mensurvei harga yang paling murah sampai yang paling mahal tentu dengan kelemahan dan kelebihannya.
Yang harus kamu persiapan perlengkapannya :
1. Litter box
Ini salah satu contoh litter boxnya 

Ini hal yang sangat penting menurut aku dan jangan sampai dilupakan. Kecuali kucing kamu memang sudah dilatih sebelumnya untuk membuat pup n pipnya di toilet manusia, lain halnya kalau kucing kamu terbiasa menggunakan litter box. Dan kalau kamu sampai lupa, kucing kamu bingung mau membuang pip n pupnya dimana. Kalau terdesak dia akan mencari tempat yang paling pas menurutnya atau bisa dimenahan pip n pupnya sebelum dia mendapatkan litter box.
Litter box ini biasanya harus sesuai dengan jumlah kucing tapi dilebihkan 1 litter box sebagai cadangan seperti ini 1 kucing dengan 1 litter box + 1 litter box = 2 litter box.

2. Pasir

Cat Litter

Ini berguna untuk menutupi pip n pup kucing kamu. Ada berbagai jenis cat litter yang tersedia di pasaran kamu tinggal memilih yang sesuai menurut kamu. Jenis - jenis cat litter :
a. Bentonite : cat litter ini akan menggumpal saat kucing pip n pup. Ini cat litter yang sekali pakai dan aku lebih suka memakai jenis cat litter ini karena lebih bersih dan tidak repot untuk mencuci ulang lagi.
b. Zeolite : ini juga salah satu cat litter yang paling banyak digunakan karena bisa dicuci ulang.
c. Batu : ini batu yang sudah dikhususkan untuk pup n pip kucing memang benar - benar terbuat dari batu tapi lebih halus dan tidak akan melukai paw kucing kita. Ini bisa dibilang ekonomis juga karena kamu bisa cuci ulang dan memakainya lagi kekurangannya dia tidak bisa menyerap bau seperti cat litter bentonite.
3. Chrystal : ini jangan kamu bayangkan seperti chrystal yang mejeng ditoko perhiasan atau perhiasan kita...hehehehe. Ini juga dikhususkan untuk pup n pip kucing kita. Aku sendiri belum pernah pake sih jadi gak tahu apakah ini efektif atau enggak.

Cat litter ini ada yang dijual dalam beberapa ukurang litter ada yang pake plastik atau jerigen kayak minyak tanah bimoli. Yang aku banyak temuin ukuran yang paling kecil adalah ukuran 5 litter dan ukurang yang pake sekarang 12 litter karena menurut aku lebih murah jatuhnya memakai ukuran yang 12 litter, 

3. Serokan

Serokan pip n pup

Ini elemen ketiga yang penting juga dan tidak boleh ketinggalan juga saat kamu membeli perlengkapan. Biasanya sih pasti beli barengan ltter box, cat litter ama serokan. Serokan ini berguna saat kamu akan menyaring pup n pip kucing aku biasanya satu litter box satu serokan.

4. Makanan Khusus Kucing

Kamu juga harus memikirkan makanan yang terbaik untuk kucing kamu jadi bukan hanya litter box, serokan, cat litter. Makanan juga menjadi hal yang penting dan hak yang harus didapatkan oleh kucing kamu dan kewajiban bagi kamu juga. Sebelum kamu membeli makanan kucing yang oke buat kucing kamu, kamu bisa memulai mencari info dari berbagai jenis makanan yang ada dipasaran makanan apa yang bagus dan baik untuk kucing kamu. Kamu juga bisa bertanya pada breeder, kucing yang hendak kamu pelihara ini biasanya memakan cat food merek apa jadi kamu hanya tinggal meneruskan makanan calon kucing kamu. 

Selain cat food dalam bentuk kibles, ada juga owner kucing yang senang mengasih kucingnya raw food. Raw food adalah makanan yang benar - benar mentah tanpa dikukus atau dimasak karena itu sesuai dengan sifat nature mereka. Ada juga wet food yang juga ada dijual dipasaran. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan wet food ini di pet shop". Aku sendiri masih memberi makan kucing dengan dry food dan terkadang wet food sedangkan raw food aku sama sekali belum mencobanya.

Hmmm.... kalo kamu berencana untuk mengganti makanan kucing kamu dengan berbagai pertimbangan kamu tidak bisa asal menggantinya karena hal itu akan berdampak kurang baik bagi pencernaan kucing kamu. Kamu tidak inginkan kucing kesayangan kamu jatuh sakit. Kamu harus memberikan makanan yang akan kamu ganti sedikit demi sedikit dan dicampur dengan makanan lama kucing kamu. 

Hari 1 & 2
Hari 3 & 4


30 % makanan baru dicampur merata dengan 70 % makanan lama




makanan baru 50 % makanan lama 50 %
Hari 5 & 6
Hari 7
70 % makanan baru, 30 % makanan lama
100 % makanan baru





Panduan di atas bukanlah patokan mutlak. Pergantian makanan bisa dipercepat bila Konsistensi feces tidak berubah/tidak mencret.

Kucing yang terbiasa dengan makanan yang bervariasi biasanya tidak bermasalah dengan perubahan makanan secara tiba-tiba.

Pada beberapa kucing dengan saluran pencernaan yang sensitif, pergantian makanan dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Proporsi makanan baru pun bisa dinaikan sedikit demi sedikit agar flora usus kucing dapat menyesuaikan dengan makakan baru. (sumber : kucingkita.com)

5. Pet Bowls


pet bowls (sumber : http://www.thegreenhead.com)

Ini juga jangan sampai ketinggalan saat kamu pergi membeli perlengkapan kucing. Ini tidak harus beli sih kalo nyokap kamu terutama ya merelakan dua mangkuk kesayangannya disumbangkan untuk anggota baru dikeluarga...qiqiqiqiqi.
Jangan lupa kalo kamu juga harus sering - sering membersihkan tempat makan kucing kamu untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. 

6. Kandang

Itu tambahan aja menurutku sih karena ini tidak terlalu mendesak saat kamu sedang memkirkan perlengkapan apa aja yang harus kamu beli nantinya. Kandang ini berguna saat kamu ingin menjemur kucing kamu, saat ingin beres - beres rumah, kedatangan tamu, dll. Ada yang ukurangnya kecil ampe yang besar. Oh ya...kamu tidak harus beli sih kandang yang dijual di pet shop" kamu bisa membuatnya sendiri jika kamu lebih ingin melakukannya. 


Contoh kandang (sumber : http://image.made-in-china.com)

Itu yang aku lakukan pertama kali ingin adopsi kucing pengalaman yang menyenangkan dan aku gak sabar untuk segera adopsi kucing.  Untuk yang lain - lainnya kamu bisa mencicilnya seperti mainan untuk kucing kamu. 

Ada satu quote yang sangat aku sukai "PIKIRKAN SEBELUM KAMU ADOPSI HEWAN KARENA ITU ADALAH KOMITMEN SEUMUR HIDUP". Yup aku setuju banget dengan quote ini menurutku jika memang ingin mengadopsi seekor hewan kita harus benar - benar memelihara, merawat, menyayangi mereka karena mereka bukan hanya sebagai hewan peliharaan yang hanya kita sayangi saat kita sukai dan akan ditelantarkan jika kita tidak menyukai mereka lagi. Coba kamu bayangkan kalau itu posisi kamu tiba - tiba orang tua yang menyayangi kamu entah kenapa sebabnya mereka tidak memperdulikan kamu lagi. 

Disini aku gak bermaksud menggurui sih hanya ingin berbagi pengalaman aja. Siapa tahu kalian juga mempunyai pengalaman yang menyenangkan saat memelihara kucing kamu kita bisa saling berbagi dan menambah pengetahuan...^^.









3 comments:

  1. gimana kalau meyakinkan orang tua yang anti kucing karena bau membawa penyakit dll (padahal kan nggak) dan tips agar kita punya kucing dia pup dan bab d tempatnya gmn ya? rxzx.phd@gmail.com makasih bnyk

    ReplyDelete
  2. Maaf baru balas ya... baru aktif lagi...

    Sebenarnya orang tua kita itu sudah terdoktrin penyakit tokso dan kucing itu seperti ini seperti itulah...
    Mungkin yang bisa dilakukan adalah mungkin "
    1. Bisa meminjam kucing teman sebentar saja untuk meperkenalkan orang tua kita kucing tidak semuanya seperti yang dibayangkan oleh mereka
    2. Buat komitmen sama orang tua kita bahwa kita merawat kucing sebaik - baiknya.
    3. Mungkin awalnya orang tua tidak terlalu suka dengan kucing tetapi pelan - pelan mereka akan melihat keimutan kucing... (pengalaman pribadi...^^)
    3. Kalo masalah bau kucing itu bisa diatasi dengan mandi teratur seminggu sekali atau sebulan sekali jika jarang keluar.

    Saat pertama kali memelihara kucing saya, Yero. diberi tahu oleh pegawai petshopnya tunjukan dimana litter boxnya dan kalo dia pipis timbun sehari saja untuk menandakan itu adalah daerah tempat dia bisa pup dan pip.

    ReplyDelete